NEGARA PARIPURNA
Historisitas, Rasionalitas,
Dan Aktualitas
PANCASILA
Karya : Yudi Latif
Pancasila
merupakan dasar negara yang tidak sembarangan dalam pembuatanya, pancaasila di
rancang atau di susun oleh para pemikir-pemikir pada jaman penjajahan
dulu,mereka memikirkan rencana kemerdekaan untuk itu mereka mebahas tentang dasar
negara karena suatu negara harus mempunyai dasar negara,untuk itu pada sidang
BPUPKI yang berlangung pada tanggal 29
mei 1945, Dr. Radjiman Widyodiningrat selaku ketua BPUPKI mengusulkan untuk
membuat dasar negara ,dasar negara sendiri dibuat untuk membuat suatu
peratuaran atau identitas dari bangsa itu sendiri, dengan harus memuat unsur
,kebangsaan ,kerohanian dan persatuan maka di susunlah pancasila yang di uslkan
oleh Moh Yamin,Soepomo dan Soekarano, masing-masing dari mereka memilik
pandangan sendiri-sendiri mengenai pancasila namun pandangan mereka tidak jauh
berbeda ,usulan-usulan mereka memuat prinsip-prinsip yang di kemukakan oleh Dr.
Radjiman Widyodiningrat, hanya saja berbeda nama saja walaupun madsud dari
usulan-usulan mereka sama dan sudah memenuhi kriteria yang di ajukan oleh Dr.
Radjiman Widyodiningrat . Oleh sebab itulah, prinsip-prinsip dasar pancasila
sangatlah pantas untuk dijadikan ideologi negara ini. Bukan hanya sebagai
identitas saja sebab prinsip-prinsip yang ada dalam pancasila merupakan hasil
dari penggalian historis indonesia sejak masa kerajaan hingga masa penjajahan.
Dan di buku ini kita dapat mengetahui tentang perumusan ,sejarah terciptanya
pancasila sejarah Indonesia dan makna dari sila-sila yang terkandung dalam
pancasila dan cara mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari.
bab
1 ini terbagi dalam berbagai fase tentang perumusan pancasila yang penuh dengan
perdebatan antar tokoh para petinggi di BPUPKI
pada saat sidang di laksanakan,para tokoh tersebut saling debat tentang
rumusan dasar negara dan terdapat perbedaan pendapat yang di kemukakan
masing-masing tiap tokoh perumus dasar negara. Dalam fase pembuahan yang
berlangsung pada tanggal 1924 terjadi perbedaan pendapat antar tokoh perumus
dasar negara ,para tokoh tokoh tersebut mempunyai pandangan masing-masing dalam
menentukan rumusan dasar negara. Fase perumusan terjadi atau dimulainya sidang
BPUPKI yang di ketuai oleh Dr.Radjiman widyoningrat tentang pembahasan
perumusan dasar negara yang dirumuskan oleh ketiga tokoh yaitu soekarno,muh
yamin dan Soepomo.ketiga tokoh tersebut mempunyai pandangan sendiri tentang
dasar negara yang cocok untuk negara Indonesia.Pada sidang pertama sendiri
berlangsung dari tanggal 29 mei sampai 1 juni 1945,BPUPKI sendiri memiliki
jumlah anggota 63 orang dan kemudian di tambah menjadi 69 orang. Jepang sendiri
membagi BPUPKI dengan beberapa golongan yaitu golongan pergerakan,golongan
islam,golongan birokat dan golongan peranakan
pada
fase perumusan ini Radjiman memiliki permintaan tentang perumusan dasar negara
yaitu harus memuat unsur yang berasal dari golongan bangsawan dan golongan
islam.meski demikan prinsip-prinsip yang diajukan masih bersifat serabutan
,barangkali hanya soepomo dan Muh Yamin saja yang mendekati prinsip-prinsip
yang dikemukakan oleh Radjimam di dalam fase ini Soekarno berpidato yang dalam
pidato tersebut memunculkan istilah pancasila yang terus diproses dan sehingga
menyempurnakan perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia. Dalam fase
ini soekarno juga mengatakan “kita dalam mengadakan Negara Indonesia Merdeka itu harus dapat
meletakkan negara itu dalam suatu meja statis yang dapat mempersatukan elemen
di dalam bangsa tersebut, tetapi juga harus mempunyai tuntunan dinamis ke arah
yang di gerakan rakyat,bangsa dan negara ini. Bung Karno juga mempunyai 5
prinsip atau pandangan tentang dasar negara indonesia. Yaitu Kebangsaan Indonesia,Internasionalisme
atau Perikemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial dan
Ketuhanan yang Berkebudayaan. Kelima prinsip dari soekarno ini disebut panca
sila ,panca yang berarti 5 diambil dari bahasa sangsekerta dan sila yang
berarti dasar jadi panca sila ini juga bisa diartikan sebagai 5 dasar untuk
membentuk negara indonesia yang kekal abadi, dan makmur untuk rakyatnya. Pada
fase ini soekarno juga membentuk panitia kecil yang diberi nama panitia
sembilan,panitia ini di bentuk oleh Soekarno dengan tujuan atau untuk menyusun
rancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, yang di
dalamnya terdapat dasr negara
Karena
Soekarno berasal dari golongan islam maka panitia sembilan ini terdiri dari 5 wakil
golongan kebangsan dan 4 dari golongan islam, panitia ini berbeda dari panitia
delapan bentukan BPUPKI. Walaupun jumlah wakil orang islam di dalam anggota
BPUPKI kurang dari 25 persen namun orang islam tersebut memberi dampak yang
signifikan saat perumusan dasar negara,panitia sembilan di ketuani Soekarno dan
di bentuk untuk menyatukan atau mencocokan dari kedua golongan ,dan
akhirnya kedua golongan ini dapat
merumuskan dasar negara dan menyetujui rancangan pembukaan UUD tersebut dan
kemudian rancangan pembukaan UUD tersebut di tandatangani oleh setiap anggota
panitia sembilan pada tanggal 22 juni,dan oleh Soekarno rancangan pembukaan UUD
tersebut diberi nama mukkadimah yang berarti pembukaan dan kemudian oleh Muh
Yamin di beri nama dengan sebutan piagam Jakarta.kemudian di sidang kedua
BPUPKI yang berlangsung pada 11 juli Radjiman Wediodingrat selaku ketua BPUPKI
membentuk 3 kelompok panitia yaitu panitia perancang hukum dasar yang diketuai
oleh Soekarno,panitia perancang keuangan yang diketuai oleh Muh Hatta dan
ekonomi dan panitia pembelaan tanah air yang diketuai abikoesno Tjoekrosoejoso
pada
fase pengesahan ini dasar negara telah disepakati pada tanggal 16 juli namun
tidak dengan orang satu ini yaitu Muh Yamin walupun sudah di setujui namun bagi
muh Yamin masih ada yang menggajal di pikiranya yaitu pada pembukaan yang
memberikan perlakuaan khusus bagi umat islam dan di rasa tidak tepat untuk
masyarakat indonesia secara keseluruhan dan pada fase ini juga membentuk PPKI
yang bermadsut untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia PPKI sendiri terdiri
dari 21 oranng yang lagi lagi diketuai oleh soekarno dan Bung Hatta dan
Radjiman sebagai wakil ketua dari 21 anggota 12 anggota berasal dari golongan
tua. Pada saat situasi politik di Indonesia sedang campur aduk antara
kegembiraan bangsa indonesia telah memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17
Agustus 1945, kemudian PPKI pada tanggal 18 Agustus membentuk atau melakukan
sidang untuk mebahas dan memilih pemimpin negara , dan pada sidang ini juga
kekhawatiran Muh yamin reda setelah bunyi “kewajiban menjalankan syariat islam
bagi yang menjalankanya di ganti dengan Ketuhanan yang Maha Esa” namun
penggantian nama tersebut juga mengecewakan bagi golongan islam karena dianggap
telah melanggar kompromi sebelumnya namun perubahan nama tersebut tidak megubah
semangat dari piagam Jakarta, seperti yang dikatakan muh Hatta dan pada sidang
PPKI telah memilih soekarno sebagai presiden pertama Indonesia dan Muh Hatta
sebagai wakil presiden pertama. Disetiap fase Pancasila banyak melibatkan berbagai
golongan dan unsur. Oleh karena itu, Pancasila memang benar-benar menjadi karya
milik kita bersama yang menjadi pedoman hidup, dasar, Negara. Pancasila juga
sebagai alat pemersatu bangsa karena didalam pancasila memang banyak terkandung
niali-nilai persatuan dan kesatuan.yang dapat mempersatukan negara Indonesia
ini.
Didalam
bab 2 ini berisikan bahwa negara dari dulu memang banyak perbedaan antara agama
yang satu dengan yang lain antar satu daerah yang satu dengan yang lain juga
memilik perbedaan keyakinan dan cara penyembahan kepada tuhan .Ribuan tahun
lalu di zaman purbakala masih menganut paham animisme dan dinamisme. paham
animisme sendiri adalah paham yang mempercayai benda-benda yang dianggap gaib
sedangakan dinamisme adalah paham yang mempercayai ada nya roh. Di Indonesia
sendiri sekarang masih banyak juga perbedaan agama. Seiring dengan peradaban
dan perkembangan waktu penyebaran,sistem kepercayaan nenek moyang diwariskan
secara turun temurun dan tidak musnah.
Awal
abad ke-20 kaum inteligensia mendirikan lembaga-lembaga pendidikan, asosiasi,
penerbitan, dan partai politik. Kemunculan inteligensia berperan penting dalam
mengembangkan ruang publik modern di Nusantara. Tahun 1908/1909 berdiri monumen penting SDI yang artinya Serekat Dagang Islam yang bertujuan untuk pergerakan ekonomi
Muhammadiyah(1912) disusul Nahdlatul Ulama(1926) untuk pergerakan pendidikan
dan Sarekat Islam berdiri tahun 1911/1912 untuk pergerakan politik.
Kemunculan
SI sangat mempengaruhi perkekembangan islam di dalam negara .bahkan islam juga
di jadikan sebuah ideologi di suatu negara ,islam juga berkembang bahkan di
setiap daerah terdapat pergerakan islam yaitu untuk menyaring anggota-anggota
untuk masuk ke dalam anggota pergerakan islam bahkan sudah masuk ke setiap
universitas, begitu juga dengan SI . SI ingin membuat sebuah ideologi negara
indonesia ini mempunyai warna agama ,yaitu ingin menambah hukum-hukum dengan
aturan menurut syariat islam,namun dengan munculnya dengan konflik di tubuh
internal SI, SI justru membentuk bebagai pergerakan-pergerakan baru di
Indonesia,dan pergerakan-pergerakan baru itu juga ingin mebuat ideologi seperti
SI, sejak akhir tahun 1920 berbagai organisasi atau pergerakan muncul di
Indonesia tapi kebanyakan pergerakan-pergerkan tersebut berlandaskan pada agama
bahkan tidak hanya islam namun berbagai macam agama,kebanyakan pergerakan
tersebut membentuk sebuah partai politik misalnya PPKI yaitu Perhimpunan
Politik katolik indonesia dan masih banyak lagi ,tak ketinggalan agama Hindu
dan Agama Budha juga membuat suatu pergerakan.di dalam suatu negara suatu
terdapat perselisihan atau perbedaan pendapat antara kaum kebangsaan dan kaum Islam
kaum islam menyatakan bahwa suatu negara juga harus mempunyai suatu syariat dan
peraturan yang berlandaskan pada agama ,namun tidak semua golongan agama
menyetujui tentang peraturan yang berlandaskan pada agama,karena di Indonesia
sendiri tidak terdapat hanya dengan satu agama melainkan banyak agama,sedangkan
para golongan kabangsaan menggap bahwa sebaiknya negara netral dalam urusan
agama,karena banyak agama yang berbeda beda. Ideologi tidak lepas dari pengaruh
agama ,namun agama juga harus dituntut untuk bisa menselaraskan dengan tujuan
bangsa dan dituntut mampu membawa kebaikan dan keadial serta keamanan bagi para
pemeluknya agar pengikutnya dapat berdampingan dengan baik tidak cuma dengan
yang satu agama namun juga yang dari agama lain,karena kerusakan moral agama
dapat merubuhkan ideologi dan dasar suatu negara dapat meruntuhkan ketertiban
suatu negara dapat menciptakan permusuhan di negara tersebut,dalam mengatasi
masalah tersebut para pemimpin agama atau tokoh-tokoh agama bisa bersatu antar
beda agama,karena di setiap agama tidak mengajarkan permusuhan setiap agama
mengajarkan perdamaian dan setiap agama juga harus bisa menjunjung tinggi
keadilan,kesejahteraan,kemanusiaan dan keberadapan antar satu agama dengan
agama yang lain karena itu dapat mempersatuan bangsa itu sendiri. Agama juga
tidak harus dipisah dengan urusan politik asalkan kita bisa membedakan mana
urusan politik mana urusan yang membahas masalah agama,karena di dalam politik
juga harus membutuhkan agama. Kita juga harus bisa membawa agama dalam aspek
kehidupan sehari hari ,agar kita tidak melanggar norma agama, selain itu agama
juga bisa dalam pembentukan karakter bangsa itu sendiri ,agam juga memberi
konstribusi besar dalam dunia politik,kebudayaan ,demokrasi dan kemajuan bangsa
agama sangat penting dalam kehidupan kita karena setiap hari tiada hidup tanpa
agama, agama bisa membuat suatu negara menjadi hebat dan membentuk karakter
manusia yang baik yang taat pada peraturan pemerintah dan manusia yang tidak
meninggalkan syariat –syariat agama, selain itu agama juga mempengaruhi tingkah
laku manusia itu sendiri atau bahkan mempengaruhi kebudayaan yang ada di suatu
negara, di setiap daerah pasti mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh
daerah lain dan biasanya itu di pengaruhi oleh agama yang terdapat pada daerah
tersebut. Namun bangsa indonesia diajak bersatu melalui sila ketuhanan yang
maha esa yang di madsud bersatu bukan bersatu menyembah atau patuh pada satu
tuhan namun bersatu menjaga kerukunan antar umat beragama.
Sejak
zaman es wilayah nusantara sudah kondusif untuk ditinggali,karena wilayah
indonesia sendiri terletak di daerah katulistiwa, di sini daerah sangat subur
dan sedang sehingga membuat yanng tinggal menjadi nyaman,para sejarawan percaya
bahwa nenek moyang Indonesia dari Cina atau India mereka datang ke nusantara
melalui jalur laut,karena wilayah nusantara sendiri berbentuk kepulauan,hal ini
juga yang menjadikan Indonesia di sebut tanah air karena bangsa Indonesia
sendiri selalu menggunakan perahu untuk sampai ke pulau satu dengan yang satu ,hal
ini juga membuat bangsa kolonial datang ke nusantara karena diyakini bahwa
nusantara memiliki rempah-rempah, sejak dahulu bangsa asing datang ke nusantara
semua dari Eropa,mereka melakukan segala cara untuk menguasai Indonesia,sejak
Indonesia merdeka dari tangan penjajah pada tanggal 17 agustus 1945 Indonesia
tidak dapat dengan mudah pengakuan dari negara lain , banyak yang belu percaya kalau pada saat itu indonesia merdeka
,namun dengan kegigihan Soekarno pada waktu itu untuk mencari pengakuan dari
negara lain, maka Indonesia dapat pengakuan dari Mesir, Mesir adalah negara
pertama yang mengakui bahwa indonesia sudah merdeka,setelah itu pada tangal 18
November negara-negara teluk atau timur tengah juga mengakui bahwa Indonesia
itu sudah merdeka mereka yang mengikuti liga arab juga mengakui kalo Indonesia
itu telah merdeka, kemudian setelah mendapat pengakuan dari negara lain
,Indonesia kemudian bergrak cepat dengan membangung perwakilan di negara-negara
tetangga, setelah itu juga Indonesia di bahas dalam rapat PBB, setelah terjadi
agresi militer Belanda yang dilakukan untuk merebut lagi kekuasaan Indonesia
justru banyak negara yang semakin gencar mendukung Indonesia bahakan juga bayak
yang menolak agresi militer yang dilakuka Belanda terhadap Indonesia, pada saat
terjadi agresi banyak negara yang mebahas maslah itu,salah satunya Australia
yang mengusulkan agar kedua pasukan dapat menarik mundur dari peperangan,
kemudian Australia dan Rusia mengundang delegasi Indonesia untuk menghadiri
sidang dewan keamanan , ada yang mendukung dan ada pula yang menolak ,negara seperti
inggis,Uni Soviet,China dan Kolombia menyabut delegasi idnonesia yang di pimpin
oleh Sutan shahir itu dngan senang namun di pihak Prancis,Belgia tidak
menyetujui Indonesia hadir di persidangan dewan keamanan, setelah di setuji
oleh banyak negara maka delegasi indonesia sutan shahir menyalami semua
dperwakilan dari semua negara, di dalam pidato yang di sampaikan oleh Sutan Sahir
,ia meminta harus ada gencatan senjata antara Indonesia dan Belanda, namun
tidak berlangsung lama belanda melakukan agresi militer yang terjadi pada 19
desember 1948, namun akhirnya Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada
tanggal 30 desember 1949 setelah sebelumnya Indonesia dan belanda mengadakan
perjanjian Den Haag. Mulai saat itu para petinggi-petinggi bangsa mulai gencar
membangun negara indonesia namun dari jaman kemerdekaan sampai sekarang masih
banyak terjadi ketidak adilan terutama pelanggaran HAM. Persoalan Hak Asasi
Manusia(HAM) masih menjadi tantangan karena sampai saat ini pun masih sangat
banyak pelanggaran HAM yang dilakukan oleh manusia sebagai manusia yang
mempunyai pemikiran yang sehat kita harus bisa memberikan motivasi untuk
senantiasa memuliakan hak-hak manusia agar tidak terjadi pelanggaran-pelanggran
HAM lagi. Pancasila seharusnya di jadikan prinsip dan dasar bagi negara
Indonesia kita juga harus bisa mebawa nilai-nilai pancasila di dalam kehidupan
sehari-hari dan agar tidak terjadi pelanggaran HAM lagi. Oleh sebab itu kita
harus mengamalkan pancasila terutama kemanusiaan yang adil dan beradab.
Berbicara
mengenai persatuan kebinekaan tidak lepas dari pembahasan tentang nusantara itu
sendiri, dapat kita ketahui di Indonesia sendiri banyak sekali dengan suku ,ras
dan budaya ini tidak lepas dari nenek moyang kita yang berasal dari berbagai
negara yang pada jaman dahulu telah membentuk sebuah kerajaan-kerajaan. Dan
bekas dari semua kerajaan-kerajaan adalah Indonesia yang sekarang ini yaitu Indonesia
yang terdapat banyak sekali dengan kebudayaan,dan kita harus bisa menjaga semua
kebudayaan itu dengan mengamalkan nilai pancasial pada pancasila sila ke 3
yaitu persatuan Indonesia agar semua suku-suku ini dapat bersatu dan dapat
membentuk negara Indonesia yang kuat serta tidak mudah di serang oleh negara
lain begitu pula dengan agama. Di Indonesia sendiri banyak sekali agama kita
juga harus bisa menjaga kerukunan umat beragama di indonesia seperti yang
pernah di katakan oleh Soekarno untuk membentuk sebuah negara yang kuat harus
ada persatuan antara bangsa itu sendiri, oleh sebab itu Soekarno menyuruh untuk
salaning membantu dengan cara gotong royong, karena gotong royong merupakan
simbol dari bangsa Indonesia atau ciri khas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia
dan karena itulah Indonesia juga dikenal sebagai negara gotong royong. Kemajuan
suatu negara sangat penting karena itu bisa sebagai cerminan atau tolak ukur
warganya mempunyai sikap patriotisme atau nasionalisme yang tinggi terhadap
negaranya. Ini juga menjadi sebuah pekerjaan bagi para petinggi negara untuk
mebuat warganya memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi agar
negara ini tidak lagi dirusak oleh negara lain juga hal ini bisa untuk
melindungi segenap bangsa ,memajukan kesejahteraan umum,mencerdaskan kehidupan
bangsa dan dapat melaksanan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, . Dengan
begitu digaris besarkan bahwa kita ini harus selalu bisa bersatu dalam hal
apapun. Jangan membeda-bedakan antara yang satu dengan yang lainnya agar
terbentuk negara dengan kesatuan dan persatuan tanpa perselisihan dan
pertentangan dalam masyarakat.selalu tolong menolong adalah ciri-ciri bangsa
Indonesia yang sudah ada sejak dulu nenek moyang dan kita harus bisa
mengamalkanya sampai kapanpun jika itu merupakan hal yang baik bagi bangsa
Indonesia dan untuk mewujudkan persatuan antar umat beragama ,antar ras antar suku,
juga harus bisa memberikan kebebasin bagi setiap individu dan jangan memihak
pada salah satu golongan-golongan agar mereka bebas menentukan berbagia macam
pendapat ,terutama pada golongan-golongan minoritas karena golongan minoritas
cenderung terpinggirikan oleh golongan mayoritas yang ada di bangsa ini, oleh
sebab itu kita bisa tau arti penting pancasila yaitu sebagai alat pemersatu
bangsa yang berbeda agama berbeda suku, antar golongan minoritas dan mayoritas
bisa bersatu, dan kita butuh negara pemersatun yaitu negara indonesia . dalam
masalah persatuan kebhinekaan kita tidak boleh memihak salah satu agama saja
walaupun di Indonesia ini mayoritas pemeluk agama Islam namun kita juga jangan melupakan mayoritas agama
yang di anut oleh mayoritas masyarakat indonesia bagian barat. Dengan perstauan
keagamaan ini kita dapat mencapai masyarat yang nasionalis kata Soekarno,
dengan jiwa yang Nasionalis kita dapat
menjadi negara yang kuat dan dapat terus melakukan ciri khas bangsa indonesia
yaitu dengan semangat gotong royong yang tadi sudah di jelaskan
Dibab
ini Negara Kesatuan lebih mengedepanlan yang nama nya musyawarah dan mufakat
dalam masyarkat karena dengan musyawarah akan terbentuk prinsip kebebasan,
kesetaraan, dan persaudaraan antar bangsa dan bernegara. Prinsip mayoritas
berdasarkan dengan hak-hak individu antar masyarakat karena untuk menumbuhkan
rasa solidaritas, gotong royong, dan saling menghormati hak-hak minoritas
masyarakat lain. Dari pengalaman penindasan pahit kolonial dan tradisi gotong
royong menumbuhkan semangat kekeluargaan dan memberi ruang bagi para setiap
warga negara. Demokrasi dalam system dari rakyat untuk rakyat dan oleh rakyat
memang menjadi fenomena yang mucul sebagai formasi Negara Kesatuan Republik
Indonesia medeka. Dengan demikian nilai-nilai demokrasi yang ada di Indonesia
semakin lama semakin berkembang dalam masyarakat. Namun kebanyakan sekarang
kita sudah mulai lipa dengan apa itu arti dari sebuah demokrasi, di era
sekarang ini banyak masyarakat yang lupa tentang demokrasi, mereka selalu
bersikap seenaknya sendiri dalam mengamlakan sikap demokrasi dan pada sekarang
ini kebanyakan menggunakan ego sendiri dalam menentukan sesuatu, tidak melalu
keputusan bersama, untuk itu kita harus bisa menumbukhan sikap demokarsi lagi,
dan bisa membuat Indonesia ini jadi negara demokrasi yang sebernarnya tidak cuma
embel-embel yang melekat saja ,namun juga harus bisan menjadi contoh atau
panutan bagi warganya sendiri Soekarno memandang pengaruh Islam di Nusantara
membawa efek yang positif karena membawa tranformasi masyarakat menuju
masyarakat yang lebih demokratis dalam berfikir. Dalam perkembangan, Hatta juga
memandang pengaruh Islam di Nusantara menjadi salah satu sumber yang
menumbuhkan cita-cita demokrasi sosial dan politik dalam pemimpin bangsa.
Nilai-nilai demokratis Islam bersumber dari kayakinan Islam pada pengakuan
“Ketuhanan Yang Mahaesa”. Di dalamislam sendiri demokrasi sendiri sangat
penting, karena bisa tau pendapat dari banyak orang, oleh sebab itu diharapkan
para wakil rakyat bisa mengetahui keinginan rakyat mereka diharapkan mampu
membuat rakyat percaya merekan ,karena rakyat sudah jarang yang percaya
sepenuhnya kepada para pemimpin atau wakil rakyat, karena masyarakat menganggap
kalo wakil rakyat hanya memikirkan egonya sendiri dan mereka menganggap kalo
wakil rakyat tidak mau mendengar apa yang sedang masyarakat rasakan. Zaman
modern ini benar-benar menunjukkan perubahan ekonomi dan sosial. Masyarakat
Eropa ternyata juga memiliki akar demokrasi. Model pemerintahan di Eropa juga sama
dengan yang ada di Nusantara yaitu merujuk pada seluruh rakyat. Dasar
permusyawarahan Negara Inonesia bukan hanya untuk satu negara, bukan umtuk satu
golongan, tetapi untuk semua. Walaupun di Nusantara sendiri ada golongan kaya
dan miskin tetapi di permusyawarah ini derajat setiap manusia tidak ada
perbedaan yaitu sama rata antara golongan satu dengan golongan yang lain.oleh
karena itu kita juga harus bisa
mencontoh dari demokrasi yang di terpkan oleh eropa, kita dapat tau mrngapa
nrgara di eropa banyak yang maju padahal jika di lihat dari kekayaan negara
kita lebuh kaya kita lebih banyak sumber daya, lebih banyak manusia namun kita
kalah dengan eropa yang jika negara-negara eropa di gabungkan lebih besar
sedikit dari total negara Indonesia, ini semua masih menjadi pekerjaan bagi
para pemimpin di negara kita. Di Eropa banyak negara yang maju karena itu semua
pemimpinya mendengarkan apa yang rakyantnay butuhkan, sehingga masyarakatnya
mampu bekerja secara optimal dalam bekerja dan semua itu membuat negara di
eropa rata-rata adalah negara yang maju di sana juga kesadaran rakyatnya juga
tinggi. Karena sistem pendidikan yang di terpakan sudah benar dapat kita
ketahui bahwa sistem pendidikan sangat mepengarui karakter bangsa itu sendiri,
Semangat permusyawaratan ternyata menguatkan negara persatuan. Permusyawaratan
diharapkan dapat membimbing dan menumbuhkan semangat kekeluargaan dalam
masyarakat. Selain itu di sila ke-4 ditekan kan pula pelaksaan demokrasi harus
dilandasi “hikmat kebijakan”. Demokrasi permusyawaratan diidealkan sebagai
salah satu prinsip nasional. Musyawarah memberikan kesempatan bagi nilai-nilai
maupun pemikiran untuk mengemuka. Sifat terbuka dan prosedur demokrasi lebih
mementingkan argumen atau berpendapat dalam pemikiran yang ekologis. Demokrasi
dalam kerangka Pancasila senagai cerminan alam kejiwaan, kepribadian, dan
cita-cita nasional. Semangat permusyawaratan ternyata menguatkan negara
persatuan. Permusyawaratan diharapkan dapat membimbing dan menumbuhkan semangat
kekeluargaan dalam masyarakat. Selain itu di sila ke-4 ditekan kan pula
pelaksaan demokrasi harus dilandasi “hikmat kebijakan”. Demokrasi
permusyawaratan diidealkan sebagai salah satu prinsip nasional. Musyawarah
memberikan kesempatan bagi nilai-nilai maupun pemikiran untuk mengemuka. Sifat
terbuka dan prosedur demokrasi lebih mementingkan argumen atau berpendapat
dalam pemikiran yang ekologis. Demokrasi dalam kerangka Pancasila senagai
cerminan alam kejiwaan, kepribadian, dan cita-cita nasional.
serta
di sila ke-5 terkandung nilai keadilan yang berarti keadilan dalam kehidupan
sosial harus mencangkup seluruh rakyat Indonesia persamaan hak dan kewajiban
setiap orang, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban dan sikap saling
menghormati agar tercapinya suatu keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, Untuk
itu kita sebagai warga indonesia harus mengamalkan sila “keadilan sosial” sila
ini memberikan pengertian bahwa sebagai warga indonesia harus selalu menjunjung
sila keadilan sosial ,karena sila ini memberikan suatu gambaran bahwa kita
sebagai warga negara harus bersikap adil pada siapapun tidak boleh pandang bulu
jika kita ingi bersikap adil pada seseorang, Akan tetapi di Indonesia sendiri
sampai saat ini masih belum tercapai yang namanya hak dan kewajiban antar
masyarakat. Seharus nya pemerintah sekarang ini lebih memeperhatikan akan
keadilan bagi seluruh warga Indonesia agar bisa tercapai nya Keadilan Sosial
bagi Seluruh Rakyat Indonesia yang sama rata tanpa membeda-bedakan antara yang
satu dengan yang lain karena semua itu memiliki hak dan kewajiban yang sama. Saat
ini masih banyak fasilitas-fasilitas yang hanya bisa di nikmati hanya oleh
orang-orang tertentu saja mereka yang miskin jarang bisa menikmati
fasilitas-fasilitas yang ada selain itu masih banya warga yang menjadi pekerja
di negrinya sendiri,banyajk pabrik atau perusahaan yang dikuasai oleh asing ,
dan mereka menjadikan warga indonesia sebagai pekerja di perusahaan
mereka.unruk membentuk suatu keadilan sosial maka di butuhkan kesadaran
masyarakat yang di dukung oleh tanggung jawab dan rasa kemanusiaan antar warga
negara itu sendri dan juga kita harus bisa menjaga budi pekerti yang ada maka
akan terbentuk keadilan sosial ,dan merata antara satu golongan dengan golongan
lainya tidak berat sebelah seperti saat ini yang lebih meiha pada orang kaya
dan orang yang mempunyai jabatan sehingga mereka yang miskin hanya menjadi alat
untuk mereka agar menjadi lebih kaya. Disinilah keadilan sosial sangat penting
dan samgat dibutuhkan terutama oleh rakyat yang berada di bawah dan juga
dibutuhkan untuk meberantas kesenjangan sosial dan kemiskinan yang ada di dalam
negara ini, agar menuju negara yang di impikan banyak orang dan negara yang
damai
Dengan
Pancasila kita harus bisa mengamalkan dan menjadikan pancasila sebagai dasar
dan pedoman dalam kehidupan untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat dan
bernegara yang sejahtera dan lebih makmur agar Negara Indonesia menjadi negara
yang bersatu tanpa ada perbedaan antara masyarakat dalam menyongsong kehidupan
yang lebih baik.Untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa
mengimplementasikan nilai-nilai dalam Pancasila dalam kehidupan kita. Dengan
adanya Bhineka Tunggal Ika, Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, budaya,
agama, bahasa, tetapi kita tetap dalam kesatuan yang utuh tanpa adanya
perbedaan antar warga bernegara. Dengan megamalkan nilai-nilai yang ada dalam
kandungan pancasila kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dapat menghargai
orang lain menerima perbedaan dan bahkan
dapat mengerti arti dari sebenarnya indahnya perbedaa. Kita semua harus bisa
menjaga perdamaian dan ketertiban yang ada demi berlangsungnya keamanan yang
ada pada negara kita ini, selain itu juga bisa menjadi pemersatu bangsa
Indonesia, oleh sebab itu sebagai warga negara yang baik kita harus bisa
mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila
Tidak ada komentar:
Posting Komentar