Rabu, 19 Oktober 2016

Review Negara Paripurna




NEGARA PARIPURNA
Historisitas, Rasionalitas, Dan Aktualitas
PANCASILA
Karya : Yudi Latif
Pancasila merupakan dasar negara yang tidak sembarangan dalam pembuatanya, pancaasila di rancang atau di susun oleh para pemikir-pemikir pada jaman penjajahan dulu,mereka memikirkan rencana kemerdekaan untuk itu mereka mebahas tentang dasar negara karena suatu negara harus mempunyai dasar negara,untuk itu pada sidang BPUPKI  yang berlangung pada tanggal 29 mei 1945, Dr. Radjiman Widyodiningrat selaku ketua BPUPKI mengusulkan untuk membuat dasar negara ,dasar negara sendiri dibuat untuk membuat suatu peratuaran atau identitas dari bangsa itu sendiri, dengan harus memuat unsur ,kebangsaan ,kerohanian dan persatuan maka di susunlah pancasila yang di uslkan oleh Moh Yamin,Soepomo dan Soekarano, masing-masing dari mereka memilik pandangan sendiri-sendiri mengenai pancasila namun pandangan mereka tidak jauh berbeda ,usulan-usulan mereka memuat prinsip-prinsip yang di kemukakan oleh Dr. Radjiman Widyodiningrat, hanya saja berbeda nama saja walaupun madsud dari usulan-usulan mereka sama dan sudah memenuhi kriteria yang di ajukan oleh Dr. Radjiman Widyodiningrat . Oleh sebab itulah, prinsip-prinsip dasar pancasila sangatlah pantas untuk dijadikan ideologi negara ini. Bukan hanya sebagai identitas saja sebab prinsip-prinsip yang ada dalam pancasila merupakan hasil dari penggalian historis indonesia sejak masa kerajaan hingga masa penjajahan. Dan di buku ini kita dapat mengetahui tentang perumusan ,sejarah terciptanya pancasila sejarah Indonesia dan makna dari sila-sila yang terkandung dalam pancasila dan cara mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari. 
bab 1 ini terbagi dalam berbagai fase tentang perumusan pancasila yang penuh dengan perdebatan antar tokoh para petinggi di BPUPKI  pada saat sidang di laksanakan,para tokoh tersebut saling debat tentang rumusan dasar negara dan terdapat perbedaan pendapat yang di kemukakan masing-masing tiap tokoh perumus dasar negara. Dalam fase pembuahan yang berlangsung pada tanggal 1924 terjadi perbedaan pendapat antar tokoh perumus dasar negara ,para tokoh tokoh tersebut mempunyai pandangan masing-masing dalam menentukan rumusan dasar negara. Fase perumusan terjadi atau dimulainya sidang BPUPKI yang di ketuai oleh Dr.Radjiman widyoningrat tentang pembahasan perumusan dasar negara yang dirumuskan oleh ketiga tokoh yaitu soekarno,muh yamin dan Soepomo.ketiga tokoh tersebut mempunyai pandangan sendiri tentang dasar negara yang cocok untuk negara Indonesia.Pada sidang pertama sendiri berlangsung dari tanggal 29 mei sampai 1 juni 1945,BPUPKI sendiri memiliki jumlah anggota 63 orang dan kemudian di tambah menjadi 69 orang. Jepang sendiri membagi BPUPKI dengan beberapa golongan yaitu golongan pergerakan,golongan islam,golongan birokat dan golongan peranakan
pada fase perumusan ini Radjiman memiliki permintaan tentang perumusan dasar negara yaitu harus memuat unsur yang berasal dari golongan bangsawan dan golongan islam.meski demikan prinsip-prinsip yang diajukan masih bersifat serabutan ,barangkali hanya soepomo dan Muh Yamin saja yang mendekati prinsip-prinsip yang dikemukakan oleh Radjimam di dalam fase ini Soekarno berpidato yang dalam pidato tersebut memunculkan istilah pancasila yang terus diproses dan sehingga menyempurnakan perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia. Dalam fase ini soekarno juga mengatakan “kita dalam mengadakan  Negara Indonesia Merdeka itu harus dapat meletakkan negara itu dalam suatu meja statis yang dapat mempersatukan elemen di dalam bangsa tersebut, tetapi juga harus mempunyai tuntunan dinamis ke arah yang di gerakan rakyat,bangsa dan negara ini. Bung Karno juga mempunyai 5 prinsip atau pandangan tentang dasar negara indonesia. Yaitu Kebangsaan Indonesia,Internasionalisme atau Perikemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial dan Ketuhanan yang Berkebudayaan. Kelima prinsip dari soekarno ini disebut panca sila ,panca yang berarti 5 diambil dari bahasa sangsekerta dan sila yang berarti dasar jadi panca sila ini juga bisa diartikan sebagai 5 dasar untuk membentuk negara indonesia yang kekal abadi, dan makmur untuk rakyatnya. Pada fase ini soekarno juga membentuk panitia kecil yang diberi nama panitia sembilan,panitia ini di bentuk oleh Soekarno dengan tujuan atau untuk menyusun rancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, yang di dalamnya terdapat dasr negara
Karena Soekarno berasal dari golongan islam maka panitia sembilan ini terdiri dari 5 wakil golongan kebangsan dan 4 dari golongan islam, panitia ini berbeda dari panitia delapan bentukan BPUPKI. Walaupun jumlah wakil orang islam di dalam anggota BPUPKI kurang dari 25 persen namun orang islam tersebut memberi dampak yang signifikan saat perumusan dasar negara,panitia sembilan di ketuani Soekarno dan di bentuk untuk menyatukan atau mencocokan dari kedua golongan  ,dan  akhirnya  kedua golongan ini dapat merumuskan dasar negara dan menyetujui rancangan pembukaan UUD tersebut dan kemudian rancangan pembukaan UUD tersebut di tandatangani oleh setiap anggota panitia sembilan pada tanggal 22 juni,dan oleh Soekarno rancangan pembukaan UUD tersebut diberi nama mukkadimah yang berarti pembukaan dan kemudian oleh Muh Yamin di beri nama dengan sebutan piagam Jakarta.kemudian di sidang kedua BPUPKI yang berlangsung pada 11 juli Radjiman Wediodingrat selaku ketua BPUPKI membentuk 3 kelompok panitia yaitu panitia perancang hukum dasar yang diketuai oleh Soekarno,panitia perancang keuangan yang diketuai oleh Muh Hatta dan ekonomi dan panitia pembelaan tanah air yang diketuai abikoesno Tjoekrosoejoso
pada fase pengesahan ini dasar negara telah disepakati pada tanggal 16 juli namun tidak dengan orang satu ini yaitu Muh Yamin walupun sudah di setujui namun bagi muh Yamin masih ada yang menggajal di pikiranya yaitu pada pembukaan yang memberikan perlakuaan khusus bagi umat islam dan di rasa tidak tepat untuk masyarakat indonesia secara keseluruhan dan pada fase ini juga membentuk PPKI yang bermadsut untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia PPKI sendiri terdiri dari 21 oranng yang lagi lagi diketuai oleh soekarno dan Bung Hatta dan Radjiman sebagai wakil ketua dari 21 anggota 12 anggota berasal dari golongan tua. Pada saat situasi politik di Indonesia sedang campur aduk antara kegembiraan bangsa indonesia telah memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, kemudian PPKI pada tanggal 18 Agustus membentuk atau melakukan sidang untuk mebahas dan memilih pemimpin negara , dan pada sidang ini juga kekhawatiran Muh yamin reda setelah bunyi “kewajiban menjalankan syariat islam bagi yang menjalankanya di ganti dengan Ketuhanan yang Maha Esa” namun penggantian nama tersebut juga mengecewakan bagi golongan islam karena dianggap telah melanggar kompromi sebelumnya namun perubahan nama tersebut tidak megubah semangat dari piagam Jakarta, seperti yang dikatakan muh Hatta dan pada sidang PPKI telah memilih soekarno sebagai presiden pertama Indonesia dan Muh Hatta sebagai wakil presiden pertama. Disetiap fase Pancasila banyak melibatkan berbagai golongan dan unsur. Oleh karena itu, Pancasila memang benar-benar menjadi karya milik kita bersama yang menjadi pedoman hidup, dasar, Negara. Pancasila juga sebagai alat pemersatu bangsa karena didalam pancasila memang banyak terkandung niali-nilai persatuan dan kesatuan.yang dapat mempersatukan negara Indonesia ini. 

Didalam bab 2 ini berisikan bahwa negara dari dulu memang banyak perbedaan antara agama yang satu dengan yang lain antar satu daerah yang satu dengan yang lain juga memilik perbedaan keyakinan dan cara penyembahan kepada tuhan .Ribuan tahun lalu di zaman purbakala masih menganut paham animisme dan dinamisme. paham animisme sendiri adalah paham yang mempercayai benda-benda yang dianggap gaib sedangakan dinamisme adalah paham yang mempercayai ada nya roh. Di Indonesia sendiri sekarang masih banyak juga perbedaan agama. Seiring dengan peradaban dan perkembangan waktu penyebaran,sistem kepercayaan nenek moyang diwariskan secara turun temurun dan tidak musnah.

Awal abad ke-20 kaum inteligensia mendirikan lembaga-lembaga pendidikan, asosiasi, penerbitan, dan partai politik. Kemunculan inteligensia berperan penting dalam mengembangkan ruang publik modern di Nusantara. Tahun 1908/1909  berdiri monumen penting  SDI yang artinya Serekat Dagang Islam yang  bertujuan untuk pergerakan ekonomi Muhammadiyah(1912) disusul Nahdlatul Ulama(1926) untuk pergerakan pendidikan dan Sarekat Islam berdiri tahun 1911/1912 untuk pergerakan politik.
Kemunculan SI sangat mempengaruhi perkekembangan islam di dalam negara .bahkan islam juga di jadikan sebuah ideologi di suatu negara ,islam juga berkembang bahkan di setiap daerah terdapat pergerakan islam yaitu untuk menyaring anggota-anggota untuk masuk ke dalam anggota pergerakan islam bahkan sudah masuk ke setiap universitas, begitu juga dengan SI . SI ingin membuat sebuah ideologi negara indonesia ini mempunyai warna agama ,yaitu ingin menambah hukum-hukum dengan aturan menurut syariat islam,namun dengan munculnya dengan konflik di tubuh internal SI, SI justru membentuk bebagai pergerakan-pergerakan baru di Indonesia,dan pergerakan-pergerakan baru itu juga ingin mebuat ideologi seperti SI, sejak akhir tahun 1920 berbagai organisasi atau pergerakan muncul di Indonesia tapi kebanyakan pergerakan-pergerkan tersebut berlandaskan pada agama bahkan tidak hanya islam namun berbagai macam agama,kebanyakan pergerakan tersebut membentuk sebuah partai politik misalnya PPKI yaitu Perhimpunan Politik katolik indonesia dan masih banyak lagi ,tak ketinggalan agama Hindu dan Agama Budha juga membuat suatu pergerakan.di dalam suatu negara suatu terdapat perselisihan atau perbedaan pendapat antara kaum kebangsaan dan kaum Islam kaum islam menyatakan bahwa suatu negara juga harus mempunyai suatu syariat dan peraturan yang berlandaskan pada agama ,namun tidak semua golongan agama menyetujui tentang peraturan yang berlandaskan pada agama,karena di Indonesia sendiri tidak terdapat hanya dengan satu agama melainkan banyak agama,sedangkan para golongan kabangsaan menggap bahwa sebaiknya negara netral dalam urusan agama,karena banyak agama yang berbeda beda. Ideologi tidak lepas dari pengaruh agama ,namun agama juga harus dituntut untuk bisa menselaraskan dengan tujuan bangsa dan dituntut mampu membawa kebaikan dan keadial serta keamanan bagi para pemeluknya agar pengikutnya dapat berdampingan dengan baik tidak cuma dengan yang satu agama namun juga yang dari agama lain,karena kerusakan moral agama dapat merubuhkan ideologi dan dasar suatu negara dapat meruntuhkan ketertiban suatu negara dapat menciptakan permusuhan di negara tersebut,dalam mengatasi masalah tersebut para pemimpin agama atau tokoh-tokoh agama bisa bersatu antar beda agama,karena di setiap agama tidak mengajarkan permusuhan setiap agama mengajarkan perdamaian dan setiap agama juga harus bisa menjunjung tinggi keadilan,kesejahteraan,kemanusiaan dan keberadapan antar satu agama dengan agama yang lain karena itu dapat mempersatuan bangsa itu sendiri. Agama juga tidak harus dipisah dengan urusan politik asalkan kita bisa membedakan mana urusan politik mana urusan yang membahas masalah agama,karena di dalam politik juga harus membutuhkan agama. Kita juga harus bisa membawa agama dalam aspek kehidupan sehari hari ,agar kita tidak melanggar norma agama, selain itu agama juga bisa dalam pembentukan karakter bangsa itu sendiri ,agam juga memberi konstribusi besar dalam dunia politik,kebudayaan ,demokrasi dan kemajuan bangsa agama sangat penting dalam kehidupan kita karena setiap hari tiada hidup tanpa agama, agama bisa membuat suatu negara menjadi hebat dan membentuk karakter manusia yang baik yang taat pada peraturan pemerintah dan manusia yang tidak meninggalkan syariat –syariat agama, selain itu agama juga mempengaruhi tingkah laku manusia itu sendiri atau bahkan mempengaruhi kebudayaan yang ada di suatu negara, di setiap daerah pasti mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain dan biasanya itu di pengaruhi oleh agama yang terdapat pada daerah tersebut. Namun bangsa indonesia diajak bersatu melalui sila ketuhanan yang maha esa yang di madsud bersatu bukan bersatu menyembah atau patuh pada satu tuhan namun bersatu menjaga kerukunan antar umat beragama.   

Sejak zaman es wilayah nusantara sudah kondusif untuk ditinggali,karena wilayah indonesia sendiri terletak di daerah katulistiwa, di sini daerah sangat subur dan sedang sehingga membuat yanng tinggal menjadi nyaman,para sejarawan percaya bahwa nenek moyang Indonesia dari Cina atau India mereka datang ke nusantara melalui jalur laut,karena wilayah nusantara sendiri berbentuk kepulauan,hal ini juga yang menjadikan Indonesia di sebut tanah air karena bangsa Indonesia sendiri selalu menggunakan perahu untuk sampai ke pulau satu dengan yang satu ,hal ini juga membuat bangsa kolonial datang ke nusantara karena diyakini bahwa nusantara memiliki rempah-rempah, sejak dahulu bangsa asing datang ke nusantara semua dari Eropa,mereka melakukan segala cara untuk menguasai Indonesia,sejak Indonesia merdeka dari tangan penjajah pada tanggal 17 agustus 1945 Indonesia tidak dapat dengan mudah pengakuan dari negara lain , banyak yang belu  percaya kalau pada saat itu indonesia merdeka ,namun dengan kegigihan Soekarno pada waktu itu untuk mencari pengakuan dari negara lain, maka Indonesia dapat pengakuan dari Mesir, Mesir adalah negara pertama yang mengakui bahwa indonesia sudah merdeka,setelah itu pada tangal 18 November negara-negara teluk atau timur tengah juga mengakui bahwa Indonesia itu sudah merdeka mereka yang mengikuti liga arab juga mengakui kalo Indonesia itu telah merdeka, kemudian setelah mendapat pengakuan dari negara lain ,Indonesia kemudian bergrak cepat dengan membangung perwakilan di negara-negara tetangga, setelah itu juga Indonesia di bahas dalam rapat PBB, setelah terjadi agresi militer Belanda yang dilakukan untuk merebut lagi kekuasaan Indonesia justru banyak negara yang semakin gencar mendukung Indonesia bahakan juga bayak yang menolak agresi militer yang dilakuka Belanda terhadap Indonesia, pada saat terjadi agresi banyak negara yang mebahas maslah itu,salah satunya Australia yang mengusulkan agar kedua pasukan dapat menarik mundur dari peperangan, kemudian Australia dan Rusia mengundang delegasi Indonesia untuk menghadiri sidang dewan keamanan , ada yang mendukung dan ada pula yang menolak ,negara seperti inggis,Uni Soviet,China dan Kolombia menyabut delegasi idnonesia yang di pimpin oleh Sutan shahir itu dngan senang namun di pihak Prancis,Belgia tidak menyetujui Indonesia hadir di persidangan dewan keamanan, setelah di setuji oleh banyak negara maka delegasi indonesia sutan shahir menyalami semua dperwakilan dari semua negara, di dalam pidato yang di sampaikan oleh Sutan Sahir ,ia meminta harus ada gencatan senjata antara Indonesia dan Belanda, namun tidak berlangsung lama belanda melakukan agresi militer yang terjadi pada 19 desember 1948, namun akhirnya Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 30 desember 1949 setelah sebelumnya Indonesia dan belanda mengadakan perjanjian Den Haag. Mulai saat itu para petinggi-petinggi bangsa mulai gencar membangun negara indonesia namun dari jaman kemerdekaan sampai sekarang masih banyak terjadi ketidak adilan terutama pelanggaran HAM. Persoalan Hak Asasi Manusia(HAM) masih menjadi tantangan karena sampai saat ini pun masih sangat banyak pelanggaran HAM yang dilakukan oleh manusia sebagai manusia yang mempunyai pemikiran yang sehat kita harus bisa memberikan motivasi untuk senantiasa memuliakan hak-hak manusia agar tidak terjadi pelanggaran-pelanggran HAM lagi. Pancasila seharusnya di jadikan prinsip dan dasar bagi negara Indonesia kita juga harus bisa mebawa nilai-nilai pancasila di dalam kehidupan sehari-hari dan agar tidak terjadi pelanggaran HAM lagi. Oleh sebab itu kita harus mengamalkan pancasila terutama kemanusiaan yang adil dan beradab.
Berbicara mengenai persatuan kebinekaan tidak lepas dari pembahasan tentang nusantara itu sendiri, dapat kita ketahui di Indonesia sendiri banyak sekali dengan suku ,ras dan budaya ini tidak lepas dari nenek moyang kita yang berasal dari berbagai negara yang pada jaman dahulu telah membentuk sebuah kerajaan-kerajaan. Dan bekas dari semua kerajaan-kerajaan adalah Indonesia yang sekarang ini yaitu Indonesia yang terdapat banyak sekali dengan kebudayaan,dan kita harus bisa menjaga semua kebudayaan itu dengan mengamalkan nilai pancasial pada pancasila sila ke 3 yaitu persatuan Indonesia agar semua suku-suku ini dapat bersatu dan dapat membentuk negara Indonesia yang kuat serta tidak mudah di serang oleh negara lain begitu pula dengan agama. Di Indonesia sendiri banyak sekali agama kita juga harus bisa menjaga kerukunan umat beragama di indonesia seperti yang pernah di katakan oleh Soekarno untuk membentuk sebuah negara yang kuat harus ada persatuan antara bangsa itu sendiri, oleh sebab itu Soekarno menyuruh untuk salaning membantu dengan cara gotong royong, karena gotong royong merupakan simbol dari bangsa Indonesia atau ciri khas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dan karena itulah Indonesia juga dikenal sebagai negara gotong royong. Kemajuan suatu negara sangat penting karena itu bisa sebagai cerminan atau tolak ukur warganya mempunyai sikap patriotisme atau nasionalisme yang tinggi terhadap negaranya. Ini juga menjadi sebuah pekerjaan bagi para petinggi negara untuk mebuat warganya memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi agar negara ini tidak lagi dirusak oleh negara lain juga hal ini bisa untuk melindungi segenap bangsa ,memajukan kesejahteraan umum,mencerdaskan kehidupan bangsa dan dapat melaksanan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, . Dengan begitu digaris besarkan bahwa kita ini harus selalu bisa bersatu dalam hal apapun. Jangan membeda-bedakan antara yang satu dengan yang lainnya agar terbentuk negara dengan kesatuan dan persatuan tanpa perselisihan dan pertentangan dalam masyarakat.selalu tolong menolong adalah ciri-ciri bangsa Indonesia yang sudah ada sejak dulu nenek moyang dan kita harus bisa mengamalkanya sampai kapanpun jika itu merupakan hal yang baik bagi bangsa Indonesia dan untuk mewujudkan persatuan antar umat beragama ,antar ras antar suku, juga harus bisa memberikan kebebasin bagi setiap individu dan jangan memihak pada salah satu golongan-golongan agar mereka bebas menentukan berbagia macam pendapat ,terutama pada golongan-golongan minoritas karena golongan minoritas cenderung terpinggirikan oleh golongan mayoritas yang ada di bangsa ini, oleh sebab itu kita bisa tau arti penting pancasila yaitu sebagai alat pemersatu bangsa yang berbeda agama berbeda suku, antar golongan minoritas dan mayoritas bisa bersatu, dan kita butuh negara pemersatun yaitu negara indonesia . dalam masalah persatuan kebhinekaan kita tidak boleh memihak salah satu agama saja walaupun di Indonesia ini mayoritas pemeluk agama Islam namun  kita juga jangan melupakan mayoritas agama yang di anut oleh mayoritas masyarakat indonesia bagian barat. Dengan perstauan keagamaan ini kita dapat mencapai masyarat yang nasionalis kata Soekarno, dengan jiwa yang  Nasionalis kita dapat menjadi negara yang kuat dan dapat terus melakukan ciri khas bangsa indonesia yaitu dengan semangat gotong royong yang tadi sudah di jelaskan
Dibab ini Negara Kesatuan lebih mengedepanlan yang nama nya musyawarah dan mufakat dalam masyarkat karena dengan musyawarah akan terbentuk prinsip kebebasan, kesetaraan, dan persaudaraan antar bangsa dan bernegara. Prinsip mayoritas berdasarkan dengan hak-hak individu antar masyarakat karena untuk menumbuhkan rasa solidaritas, gotong royong, dan saling menghormati hak-hak minoritas masyarakat lain. Dari pengalaman penindasan pahit kolonial dan tradisi gotong royong menumbuhkan semangat kekeluargaan dan memberi ruang bagi para setiap warga negara. Demokrasi dalam system dari rakyat untuk rakyat dan oleh rakyat memang menjadi fenomena yang mucul sebagai formasi Negara Kesatuan Republik Indonesia medeka. Dengan demikian nilai-nilai demokrasi yang ada di Indonesia semakin lama semakin berkembang dalam masyarakat. Namun kebanyakan sekarang kita sudah mulai lipa dengan apa itu arti dari sebuah demokrasi, di era sekarang ini banyak masyarakat yang lupa tentang demokrasi, mereka selalu bersikap seenaknya sendiri dalam mengamlakan sikap demokrasi dan pada sekarang ini kebanyakan menggunakan ego sendiri dalam menentukan sesuatu, tidak melalu keputusan bersama, untuk itu kita harus bisa menumbukhan sikap demokarsi lagi, dan bisa membuat Indonesia ini jadi negara demokrasi yang sebernarnya tidak cuma embel-embel yang melekat saja ,namun juga harus bisan menjadi contoh atau panutan bagi warganya sendiri Soekarno memandang pengaruh Islam di Nusantara membawa efek yang positif karena membawa tranformasi masyarakat menuju masyarakat yang lebih demokratis dalam berfikir. Dalam perkembangan, Hatta juga memandang pengaruh Islam di Nusantara menjadi salah satu sumber yang menumbuhkan cita-cita demokrasi sosial dan politik dalam pemimpin bangsa. Nilai-nilai demokratis Islam bersumber dari kayakinan Islam pada pengakuan “Ketuhanan Yang Mahaesa”. Di dalamislam sendiri demokrasi sendiri sangat penting, karena bisa tau pendapat dari banyak orang, oleh sebab itu diharapkan para wakil rakyat bisa mengetahui keinginan rakyat mereka diharapkan mampu membuat rakyat percaya merekan ,karena rakyat sudah jarang yang percaya sepenuhnya kepada para pemimpin atau wakil rakyat, karena masyarakat menganggap kalo wakil rakyat hanya memikirkan egonya sendiri dan mereka menganggap kalo wakil rakyat tidak mau mendengar apa yang sedang masyarakat rasakan. Zaman modern ini benar-benar menunjukkan perubahan ekonomi dan sosial. Masyarakat Eropa ternyata juga memiliki akar demokrasi. Model pemerintahan di Eropa juga sama dengan yang ada di Nusantara yaitu merujuk pada seluruh rakyat. Dasar permusyawarahan Negara Inonesia bukan hanya untuk satu negara, bukan umtuk satu golongan, tetapi untuk semua. Walaupun di Nusantara sendiri ada golongan kaya dan miskin tetapi di permusyawarah ini derajat setiap manusia tidak ada perbedaan yaitu sama rata antara golongan satu dengan golongan yang lain.oleh karena itu kita juga harus  bisa mencontoh dari demokrasi yang di terpkan oleh eropa, kita dapat tau mrngapa nrgara di eropa banyak yang maju padahal jika di lihat dari kekayaan negara kita lebuh kaya kita lebih banyak sumber daya, lebih banyak manusia namun kita kalah dengan eropa yang jika negara-negara eropa di gabungkan lebih besar sedikit dari total negara Indonesia, ini semua masih menjadi pekerjaan bagi para pemimpin di negara kita. Di Eropa banyak negara yang maju karena itu semua pemimpinya mendengarkan apa yang rakyantnay butuhkan, sehingga masyarakatnya mampu bekerja secara optimal dalam bekerja dan semua itu membuat negara di eropa rata-rata adalah negara yang maju di sana juga kesadaran rakyatnya juga tinggi. Karena sistem pendidikan yang di terpakan sudah benar dapat kita ketahui bahwa sistem pendidikan sangat mepengarui karakter bangsa itu sendiri, Semangat permusyawaratan ternyata menguatkan negara persatuan. Permusyawaratan diharapkan dapat membimbing dan menumbuhkan semangat kekeluargaan dalam masyarakat. Selain itu di sila ke-4 ditekan kan pula pelaksaan demokrasi harus dilandasi “hikmat kebijakan”. Demokrasi permusyawaratan diidealkan sebagai salah satu prinsip nasional. Musyawarah memberikan kesempatan bagi nilai-nilai maupun pemikiran untuk mengemuka. Sifat terbuka dan prosedur demokrasi lebih mementingkan argumen atau berpendapat dalam pemikiran yang ekologis. Demokrasi dalam kerangka Pancasila senagai cerminan alam kejiwaan, kepribadian, dan cita-cita nasional. Semangat permusyawaratan ternyata menguatkan negara persatuan. Permusyawaratan diharapkan dapat membimbing dan menumbuhkan semangat kekeluargaan dalam masyarakat. Selain itu di sila ke-4 ditekan kan pula pelaksaan demokrasi harus dilandasi “hikmat kebijakan”. Demokrasi permusyawaratan diidealkan sebagai salah satu prinsip nasional. Musyawarah memberikan kesempatan bagi nilai-nilai maupun pemikiran untuk mengemuka. Sifat terbuka dan prosedur demokrasi lebih mementingkan argumen atau berpendapat dalam pemikiran yang ekologis. Demokrasi dalam kerangka Pancasila senagai cerminan alam kejiwaan, kepribadian, dan cita-cita nasional.


serta di sila ke-5 terkandung nilai keadilan yang berarti keadilan dalam kehidupan sosial harus mencangkup seluruh rakyat Indonesia persamaan hak dan kewajiban setiap orang, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban dan sikap saling menghormati agar tercapinya suatu keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, Untuk itu kita sebagai warga indonesia harus mengamalkan sila “keadilan sosial” sila ini memberikan pengertian bahwa sebagai warga indonesia harus selalu menjunjung sila keadilan sosial ,karena sila ini memberikan suatu gambaran bahwa kita sebagai warga negara harus bersikap adil pada siapapun tidak boleh pandang bulu jika kita ingi bersikap adil pada seseorang, Akan tetapi di Indonesia sendiri sampai saat ini masih belum tercapai yang namanya hak dan kewajiban antar masyarakat. Seharus nya pemerintah sekarang ini lebih memeperhatikan akan keadilan bagi seluruh warga Indonesia agar bisa tercapai nya Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia yang sama rata tanpa membeda-bedakan antara yang satu dengan yang lain karena semua itu memiliki hak dan kewajiban yang sama. Saat ini masih banyak fasilitas-fasilitas yang hanya bisa di nikmati hanya oleh orang-orang tertentu saja mereka yang miskin jarang bisa menikmati fasilitas-fasilitas yang ada selain itu masih banya warga yang menjadi pekerja di negrinya sendiri,banyajk pabrik atau perusahaan yang dikuasai oleh asing , dan mereka menjadikan warga indonesia sebagai pekerja di perusahaan mereka.unruk membentuk suatu keadilan sosial maka di butuhkan kesadaran masyarakat yang di dukung oleh tanggung jawab dan rasa kemanusiaan antar warga negara itu sendri dan juga kita harus bisa menjaga budi pekerti yang ada maka akan terbentuk keadilan sosial ,dan merata antara satu golongan dengan golongan lainya tidak berat sebelah seperti saat ini yang lebih meiha pada orang kaya dan orang yang mempunyai jabatan sehingga mereka yang miskin hanya menjadi alat untuk mereka agar menjadi lebih kaya. Disinilah keadilan sosial sangat penting dan samgat dibutuhkan terutama oleh rakyat yang berada di bawah dan juga dibutuhkan untuk meberantas kesenjangan sosial dan kemiskinan yang ada di dalam negara ini, agar menuju negara yang di impikan banyak orang dan negara yang damai
Dengan Pancasila kita harus bisa mengamalkan dan menjadikan pancasila sebagai dasar dan pedoman dalam kehidupan untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang sejahtera dan lebih makmur agar Negara Indonesia menjadi negara yang bersatu tanpa ada perbedaan antara masyarakat dalam menyongsong kehidupan yang lebih baik.Untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa mengimplementasikan nilai-nilai dalam Pancasila dalam kehidupan kita. Dengan adanya Bhineka Tunggal Ika, Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, budaya, agama, bahasa, tetapi kita tetap dalam kesatuan yang utuh tanpa adanya perbedaan antar warga bernegara. Dengan megamalkan nilai-nilai yang ada dalam kandungan pancasila kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dapat menghargai orang lain menerima perbedaan  dan bahkan dapat mengerti arti dari sebenarnya indahnya perbedaa. Kita semua harus bisa menjaga perdamaian dan ketertiban yang ada demi berlangsungnya keamanan yang ada pada negara kita ini, selain itu juga bisa menjadi pemersatu bangsa Indonesia, oleh sebab itu sebagai warga negara yang baik kita harus bisa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar